7 Ciri Hati yang Benar Dihadapan Tuhan

Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati. (1 Samuel 16:7)

Allah memperhatikan isi, bukan bungkus. Allah mementingkan hati, bukan seberapa hebat, seberapa kuat, seberapa tampan atau cantik. Daud yang kecil, sederhana, muda, diurapi oleh Tuhan karena hatinya yang ‘cantik’ di hadapan Tuhan.

Hati adalah pusat kedirian manusia. Kalau manusia hatinya baik, maka baiklah seluruh hidupnya. Sebaliknya kalau manusia hatinya jahat,jahatlah seluruh hidupnya. Oleh sebab itu tidak salah kalau amsal mengatakan agar kita menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan karena dari sanalah terpancar kehidupan.

Nah, kali ini kita akan melihat 7 ciri/tanda dari hati yang benar di hadapan Tuhan.

7 CIRI HATI YANG BENAR DIHADAPAN TUHAN

1.Hati yang benar adalah hati yang baru – Yeh.36:26

Yang dimaksud hati yang baru disini bukan hati dari bayi yang baru lahir, melainkan hati yang telah diperbaharui. Dibaharui oleh siapa ? Dibaharui oleh Kristus. Hati yang telah dibaharui memiliki ciri :

(a) Sudah bertobat
Bertobat artinya berbalik 180 derajat.
Itu berarti berbalik dari hidup lama yang jahat kepada hidup baru yang kudus – 2 Kor.5:17

(b) Suka dekat kepada Allah
Seseorang yang sudah dibaharui hatinya pasti suka dekat dengan Allah. Ia suka berdoa, memuji dan menyembah Tuhan serta merenungkan FirmanNya.

(c) Suka berbuat baik
Orang yang hatinya sudah dibaharui hatinya aka seperti hati Kristus, yaitu suka menolong orang dan berbuat baik. Alkitab sering mencatat, ketika Yesus melihat penderitaan orang lain, maka dikatakan :”Hatinya tergerak oleh belas kasihan.” – Mat.9:3 ; 14:14 ; 15:32 dsb.

2.Hati yang benar adalah hati yang patah dan remuk – Maz.51:17

Apa artinya hati yang patah dan remuk ?

(a) Hati yang remuk dari kesombongan
Yang dimaksud sombong menurut kamus arti kata.com : menghargai diri secara berlebihan; congkak; pongah
Jadi orang yang sombong adalah orang yang menghargai dirinya secara berlebihan (over).
Sementara itu orang yang hatinya remuk adalah orang yang menghargai diri secara wajar dan lebih bersandar pada kemurahan Tuhan.

(b) Hati yang patah dari pembenaran diri sendiri
Orang yang suka membenarkan diri adalah orag yag tidak mau mengakui esalahan dan dosanya. Ia selalu merasa benar. Ini adalah tipe orang yang keras kepala.
Sementara orang yang hatinya sudah patah dari pembenaran diri akan selalu minta dibenarkan oleh Tuhan, karena merasa tidak sanggup membenarkan dirinya sendiri.

(c) Hati yang remuk dari rasa berpuas diri
Berpuas diri disini berarti merasa puas dengan dirinya sendiri sehingga merasa tidak membutuhkan Tuhan atau orang lain.

3.Hati yang benar adalah hati yang hanya percaya kepada Kristus untuk masalah keselamatan – Rm.10:10
Pada dasarnya ada 2 pandangan besar tentang bagaimana manusia bisa selamat :

(a) Manusia bisa selamat karena melakukan perbuatan baik
Pandangan ini dianut oleh agama-agama non kristen. Mereka berangapan kalau amal ibadahnya bisa lebih banyak dari dosanya mereka akan selamat.

(b) Manusia bisa selamat karena anugerah Allah
Padangan ini menegaskan bahwa dengan kesalehannya sendiri manusia tidak akan pernah mampu memenuhi standar Allah. Hanya oleh kasih karunia Allah sajalah manusia bisa selamat!

4.Hati yang benar adalah hati yang suci – Mat.5:8

Kata suci dalam mat.5:8 berasal dari bahasa Yunani katharoi yang berarti : bebas dari campuran/tidak bernoda. Jadi orang yang hatinya bersih memiliki ciri :

(a) Bebas dari pengaruh kejahatan dunia
Hati yang suci berarti keadaan hati yang terpelihara dari pengaruh kejahatan dunia. Hati yang terpelihara dari segala perasaan negatif seperti dendam, kepahitan, cemburu, iri, tidak mengampuni, mengingini hal-hal yang bukan bagiannya dan lain sebagainya.

(b) Menyukai kesucian
Hati yang suci juga berarti hati yang menyukai hal-hal yang suci dan menjauhi hal-hal yang najis/berdosa!

5.Hati yang benar adalah hati yang berdoa – Rm.8:15

Hati yang benar adalah ati yang mempunyai kerinduan kepada Bapa. Orang yang hatinya benar pasti suka berdoa. Ia berdoa karena :

(a) Percaya kepada Bapa
Orang yang hatinya benar berdoa karena percaya bahwa Bapa di sorga selalu memberikan yang baik, bukan yang buruk – Mat.7:9-11

(b) Ingin membangun keakraban dengan Bapa
Ini yang paling penting. Orang yang htinya benar akan selalu mencari persekutuan yang akrab dengan Bapa sorgawi.

6.Hati yang benar adalah hati yang merasakan konflik dalam dirinya – Gal.5:17

Konflik di dalam hati itu adalah hal yang wajar, karena kita hidup di dunia yang jahat.
Jadi, selalu terjadi tarik menarik antara kekuatan baik (roh) dan jahat (daging).
Yang paling sering kita beri “makan”, dialah yang akan menang.

7.Hati yang benar adalah hati yang tulus ikhlas – Ibr.10:22
Apa artinya tulus ikhlas ?

(a) Tidak ada kepalsuan
Artinya : apa adanya, tidak ada “udang dibalik batu” dalam tindakannya.

(b) Tidak munafik
Artinya : apa yang diucapkan dengan yang dilakukan sama!

Menyimpulkan apa yang telah dibahas di depan : Tuhan ingin kita memiliki hati yang benar, sebab hanya dengan hati yang benar, kita bisa hidup dengan benar dimata Tuhan!

Sumber: http://kuncoroadi.blogspot.com

================

MENJAGA HATI YANG BERSIH

Yesus berkata, “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.” Firman Tuhan hari ini berbicara mengenai “hati yang murni/suci” ….hanya orang yang memiliki hati yang suci/murni/bersih yang bisa melihat Allah. Maz 24:3-4, “Siapakah yang boleh naik keatas gunung Tuhan?” Siapakah yang boleh berdiri ditempat-Nya yang kudus? Orang yang bersih tangan-Nya dan bersih hatinya. Kita bisa senantiasa ada dalam hadirat Tuhan bila kita memiliki hati yang murni.

Ams 22:11, “Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja.” Ams 4:23, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Sangat penting untuk menjaga hati kita tetap murni/suci/bersih…karena itu yang akan menentukan kehidupan kita. Segala sesuatunya dimulai dari hati! Ams 27:19, “Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu sendiri.” Ketika Tuhan mengutus Samuel untuk mengurapi seorang raja bagi Israel, hampir saja di salah karena Samuel melihat kenyataan/penmpilan kakak-kakak dari Daud. “…bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah, manusia melihat apa yang didepan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” Hati yang murni, merupakan hal yang utama yang diperhatikan Allah dalam diri setiap manusia.

Hati yang murni/suci/bersih adalah hati yang memilih pilihan Allah! Semakin murni hati kita, maka semakin terbukalah kesempatan untuk mendengarkan suara Tuhan. Dan ketika Tuhan mulai membagikan isi hati-Nya kepada kita untuk didoakan, maka doa kita akan menjadi doa yang efektif. Doa yang efektif selalu melahirkan jawaban dari Allah.

Bagaimana mendapatkan dan menjaga hati yang murni/suci/bersih?

1. Pastikan bahwa saudara sudah mengalami kelahiran baru, 2Kor 5:17.
Dengan menerima Kristus sebagai Tuhan dan juruselamatt pribadi saudara, maka saudara menjadimanusia yang diperbaharui dan diampuni.

2. Berjalan didalam Roh dan ketaatan kepada Tuhan,

Gal 5:16. Yeh 11:19-20, “Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru didalam batin mereka, juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia, maka akan mereka menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.” Saudara, HARI INI TERIMALAH HATI YANG BARU, YANG TAAT DAN ROH YANG BARU SERTA HIDUPLAH DIDALAMNYA.

3. Apabila saudara menyadari bahwa saudara telah salah bertindak, maka bertobatlah dan segeralah melakukan pemberesan. 1 Tim 1:19.

4. Meningkatkan nilai standard yang sesuai dengan firman Tuhan.

Kis 24:16, “Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni dihadapan Allah dan manusia.” Kita perlu waspada terhadap panah-panah jahat dari iblis yang diterbangkan setiap waktu untuk menyerang kita. Panah-panah yang dapat bersarang dan membuat hati kita penuh dengan kebencian, kepahitan, kemunafikkan, penolakkan,dll.

5. Memperbaharui pikiran.

Rom 12:2. Satu-satunya kekuatan yang dapat memperbaharui pikiran kita adalah firman Tuhan. “Segala tulisan yang diilhamkan Roh bermanfaat untuk mengajar, menyatakan salah, memperbaiki kelakuan dan mendidik dalam kebenaran” Firman Tuhan, tangkap perkataan hidup didalamnya dan saudara akan menjadi orang yang berbeda!

6. Membereskan kesalahan masa lalu.

Tenanglah sejenak dan mintalah kepada Roh Kudus untuk menyingkapkan kepada saudara kesalahan masa lalu yang belum dibereskan dan segera lakukan pemberesan!

7. Hiduplah dalam pengampunan, Mar 11:26.

Pengampunan berarti mengampuni, memaafkan, tidak diingat-ingat lagi segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat seseorang. (Yer 31:34b).

KEBERHASILAN/KEGAGALAN KITA DALAM HIDUP INI HANYA BERGANTUNG KEPADA PILIHAN/KEPUTUSAN YANG KITA BUAT. Jika hari ini kita memilih untuk mengampuni orang lain, maka kita akan berhasil untuk mengampuni mereka dan sebaliknya. Daud adalah orang yang sungguh menyadari betapa pentingnya untuk memiliki hati yang bersih dihadapan Tuhan.

Maz 51:12, “Jadikanlah hatiku tahir ya Allahku dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh.” Arti kata “tahir” dalam bahsa Ibrani adalah murni, adil, suci, bijaksana, cemerlang, tidak berdosa dan kudus.

Untuk memiliki hati yang murni, perlu ada harga yang harus dibayar dan jumlahnya tidak sedikit. Ada pergumulan air mata idalamnya. Daud pernah gagal dalam menjaga hati yang murni, tetapi dia cepat mengakui dosa dan berbalik kepada Allah, dia tetap memilih untuk kembali kepada Allah, oleh sebab itu Daud diangkat sebagai orang kepercayaan Allah…banyak rahasia Allah yang diungkapkan kepada Daud.

Tuhan sedang mencari orang-orangnya yang dapat dipercayai untuk menceritakan rahasia hati-Nya. Orang-orang tersebut adalah orang-orang yang bergaul karib dengan Dia dan yang memiliki hati yang murni.

Hati yang murni mennjadikan kita kepercayaan Allah maka Allah akan menyingkapkan rahasia-Nya.
DAUD DIANGKAT SEDEMIKIAN RUPA OLEH TUHAN HANYA DENGAN SEBUAH ALASAN: “TUHAN MELIHAT HATI.”

Tuhan sungguh akan melakukan banyak perkara yang ajaib dan dahsyat melalui bejana-bejana terpilih yang disediakan bagi Dia untuk kemuliaan-Nya. Dan saya berdoa agar bejana-bejana tersebut adalah saudara!

About James Alfyn Muaja

Pdt James Alfein Muaja melayani sebagai Gembala Sidang di GPdI Weleri Kab. Kendal, Jawa Tengah, sebagai salah seorang Trainer / pembicara di pergerakan pria di bawah Christian Man Network (CMN), pendiri Cahaya Kasih Ministry, dan juga melayani dalam berbagai kegerakan rohani lainnya. Baca selengkapnya tentang Pdt. James di sini. Anda juga dapat menghubunginya di sini, atau berteman dengannya di Facebook dan Twitter.

Speak Your Mind

*